11. Apa yang di maksud dengan perilaku konsumen ? jelaskan !
Perilaku
konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah
dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan
dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah
pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian
informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan
melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen
melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya
membuang produk setelah digunakan atau
kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam
mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa termasuk di dalamnya proses
pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.
Perilaku
konsumen mempelajari di mana dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan
seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Kesemuanya ini sangat
membantu manajer pemasaran di dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran
perusahaan. Proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akan
melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran masing-masing.
Peran yang
dilakukan tersebut adalah:
· Initiator, adalah individu yang
mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu;
· Influencer, adalah individu yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Informasi mengenai kriteria yang
diberikan akan dipertimbangkan baik secara sengaja atau tidak;
· Decider, adalah yang memutuskan apakah
akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli, bagaimana membelinya;
· Buyer, adalah individu yang melakukan
transaksi pembelian sesungguhnya;
· User, yaitu individu yang mempergunakan
produk atau jasa yang dibeli.
22. Apa yang dimaksud dengan teori produsen perilaku produsen ? jelaskan
!
Perilaku
produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan
bermutu tinggi sehingga bisa di terima di masyarakat.
Di dunia ini
pasti ada orang yang baik dan jahat begitu pun dengan prilaku produsen ada yang
baik ada juga yang buruk.. Produsen yang baik itu produsen yang melakukan
kegiatan produksi dengan jujur tidak mengganti barang-barangnya dengan yang
tidak semestinya
Sedangkan,
produsen yang tidak baik itu produsen yang melakukan kegiatan produksi secara
tidak jujur banyak mengganti bahan-bahan untuk produksinya dengan yang tidak
semestinya, seperti dalam jangka waktu dekat lalu produsen bakso yang mecampur
bahan baksonya dengan daging celeng dan menambahkan bahan-bahan kimia lainnya
agar mengurangi kerugian jika bakso tidak laku dalam hari itu juga.
Agar berhasil
seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengendalian
Untuk
menyederhanakan pembahasan secara teoristis, dalam menentukan keputusan
tersebut digunakan dua asumsi dasar:
1. Bahwa
produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum.
2. Bahwa produsen atau pengusaha beroprasi
dalam pasar persaingan sempurna.
33. Apa yang di maksud biaya produksi ? jelaskan & berikan penjelesan
tentang jenis atau macam biaya produksi !
Biaya produksi
adalah sebagian keseluruhan faktor produksi yang dikorbankan dalam proses
produksi untuk menghasilkan produk. Dalam kegiatan perusahaan, biaya produksi
dihitung berdasarkan jumlah produk yang siap dijual. Biaya produksi sering
disebut ongkos produksi. Berdasarkan definisi tersebut, pengertian biaya
produksi adalah keseluruhan biaya yang dikorbankan untuk menghasilkan produk
hingga produk itu sampai di pasar, atau sampai ke tangan konsumen.
Penggolongan
jenis-jenis biaya produksi dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut :
1. Biaya tetap/fixed cost (FC), adalah biaya
yang dalam periode waktu tertentu jumlahnya tetap, tidak bergantung pada jumlah
produk yang dihasilkan. Contohnya, penyusutan peralatan, sewa gedung atau
penyusutan gedung, pajak perusahaan, dan biaya administrasi.
2. Biaya variabel/variable cost (VC), yaitu
biaya yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan.
Dalam hal ini, semakin banyak jumlah produk yang dihasilkan, semakin besar pula
jumlah biaya variabelnya. Contohnya, biaya bahan baku dan upah tenaga kerja yang dibayar
berdasarkan jumlah produk yang dihasilkannya.
3. Biaya total/total cost (TC) adalah jumlah
seluruh biaya tetap dan biaya variabel yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk
menghasilkan sejumlah produk dalam suatu periode tertentu. Berdasarkan
pengertian tersebut biaya total dapat dirumuskan sebagai berikut.
TC = FC + VC
TC = biaya total
(total cost)
FC = biaya tetap
(fixed cost)
VC = biaya
variabel (variable cost)
Referensi
· http://merdifransisca.blogspot.com/
·
http://agisetya.blogspot.com/2013/04/makalah-kelompok-3-perilaku-produsen.html
·
https://tariawatimj.wordpress.com/2015/04/
Komentar
Posting Komentar